PPNS Ajak Diaspora untuk Akselerasi Penelitian

Demi meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, PPNS menggelar FGD bersama para Diaspora pada Kamis (16/08). Acara yang bertajuk FGD Learning from Diaspora: Strategy to Accelerate Research in PPNS yang akan membantu PPNS adalah Prof. Dr. Dani Harmanto (Derby University, UK) dan Prof. Nugroho Hermawan (Swinburne University of Technology Sarawak Campus).  Dalam SINTA-Ristekdikti, salah satu sistem aplikasi yang menjadi tolak ukur kinerja penelitian, saat ini PPNS berada di posisi ke-3 di bawah PENS dan Polimed. Para diaspora ini akan membantu dosen-dosen PPNS untuk dapat mampu mengakselerasi kuantitas artikel dan jurnal yang diterbitkan di jurnal internasional.

“Salah satu cara yang bisa digunakan adalah kita bisa memanfaatkan dan mengembangkan hasil penelitian mahasiswa. Kita dorong sehingga mereka juga mampu menghasilkan jurnal yang berkualitas dan mampu menembus jurnal internasional”, ungkap Dani Harmanto.

Dr. Anis Mustaghfirin selaku penanggung jawab bidang penelitian di PPNS juga siap untuk mencapai target-target jangka pendek yang telah disusun.

“PPNS punya sumber daya manusia yang mumpuni. Saya yakin kita bisa meningkatkan peringkat kita di SINTA. Tahun depan, kita harus naik minimal 1 peringkat,” ujar Anis.

Acara ini dihadiri oleh hampir 60 dosen yang terdiri dari penerima dana penelitian DIPA, Inovasi industri, Ketua Jurusan dan Koordinator Program Studi. Kepala Lab juga turut diundang, karena diharapkan lab atau bengkel menjadi penghasil penelitian.