BuTo, Robot Lokal ala Real Steel yang Diproyeksi Menyerupai Robot NASA

657x328-buto-robot-lokal-ala-real-steel-yang-diproyeksi-menyerupai-robot-nasa-150801jSiapa sih yang tidak terkagum-kagum saat menonton film box office yang memperlihatkan adegan-adegan robot canggih? Nah buat kamu yang sempat terpikir bagaimana bila robot cangih itu bisa kita temui di Indonesia, mungkin sekarang kamu perlu berkenalan dengan BuTO.

BuTO adalah sebuah robot yang mirip sekali dengan manusia buatan Syamsiar Kautsar. “Idenya datang saat diskusi dengan dosen pembimbing thesis untuk membuat riset yang terinspirasi dari film Real Steel. Seperti yang kita tahu bahwa robot yang digunakan oleh pemeran utamanya kan dapat mengikuti gerakan tubuh manusia,” cerita Syamsiar pada brilio.net, Kamis (30/7).

Syamsiar menambahkan bahwa tema yang sebenarnya diangkat adalah bagaimana membuat sebuah lengan dan tangan tiruan yang dapat menirukan gerakan natural lengan dan tangan manusia. Dan dalam risetnya, pria berusia 24 tahun tersebut mengimplementasikan kecerdasan buatan untuk sistem pengendalian lengan si robot.

“Saya mengerjakan sendiri desain lengan, perancangan sirkuit elektronik, dan pemrogramannya. Tapi untuk bagian mekaniknya seperti kaki, tangan kiri, kepala, dibantu adik tingkat di jurusan Teknik Otomasi,” lanjut pria yang juga menjadi asisten dosen jurusan Teknik Otomasi Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) tersebut.

Sementara untuk rencana ke depan, ia akan menambahkan teknologi Internet of Think pada robotnya agar dapat dikendalikan dari jarak jauh layaknya proyek yang saat ini dikembangkan oleh NASA.

Nah dengan adanya BuTO ini Syamsiar berharap anak muda Indonesia bisa lebih percaya diri dengan kemampuan mereka, karena robot tidak melulu hanya bisa diproduksi oleh negara-negara asing seperti Jepang, tapi Indonesia juga mampu. (Brillio.net)

Leave a Reply