D3 Teknik Bangunan Kapal

sb_banner

VISI DAN MISI

Visi :

  • Menjadi Program Studi bereputasi global dalam melaksanakan dan mengembangkan teknologi manufaktur kapal dan teknologi penunjangnya serta berperan aktif mengimplementasikannya

Misi :

  • Melaksanakan program pendidikan vokasi dan penelitian terapan di bidang teknologi manufaktur kapal dan industri penunjangnya.
  • Berperan dalam kegiatan kemasyarakatan secara aktif dan produktif, untuk mengembangkan teknologi manufaktur kapal dan industri penunjangnya.
  • Membangun masyarakat akademis berkualitas dibidang manufaktur kapal dan penunjangnya yang mampu berkompetisi secara global
  • Membentuk jejaring kerja dengan sektor industri kemaritiman serta berbagai institusi terkait untuk merealisasikan sistem pendidikan dibidang manufaktur kapal dan penunjangnya yang komprehensif
  • Mengintegrasikan pengembangan kepribadian dalam proses pembelajaran dan atau kegiatan ekstra kurikuler untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa serta kemuliaan akhlak

CapaianPembelajaran (CP) lulusan

Sikap Tata Nilai

  1. Bertaqwa kepadaTuhan Yang MahaEsa.
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  4. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama sertapendapat/temuan original orang lain.
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

Kemampuan di Bidang Kerja

  1. Mampu membuat tahapan dan perhitungan jam orang pada proses pembangunan kapal dan bangunan apung lainnya
  2. Mampu melakukan pengawasan pekerjaan pembangunan kapal dan bangunan apung lainnya terkait metode pembangunan maupun proses pengelasan sesuai dengan standar dan rule.
  3. Mampu melakukan pekerjaan perawatan dan perbaikan kapal dan bangunan apung lainnya.
  4. Mampu menganalisis suatu permasalahan teknis dibidang pengelasan pada bangunan kapal dan bangunan apung lainnya yang dihadapi dalam suatu pekerjaan.

Pengetahuan Yang Dikuasai

  1. Menguasai prinsip dan teknik pembangunan kapal dan bangunan apung lainnya mulai dari proses fabrikasi, sub assembly, assembly dan erection untuk berperan sebagai pengawas dan pelaksana pekerjaan pembangunan.
  2. Menguasai pengetahuan tentang code dan standar dibidang pengelsan, proses pembangunan, perawatan dan perbaikan kapal yang berlaku untuk penyelesaian masalah pada proses pembangunan kapal dan bangunan apung lainnya.

Kewenangan dan Tanggung Jawab

  1. Mampu berinteraksi dan bekerja sama dalam tim, mampu mengembangkan diri dan berfikir secara logis dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi secara profesional
  2. Mampu menyusun laporan tertulis secara lengkap terkait dengan pelaksanaan pekerjaannya sesuai dengan SOP.
  1. Mampu bertanggung jawab atas suatu pekerjaan di bidang pengawasan pembangunan kapal dan bangunan apung lainnya yang ditugaskan kepadanya sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan.

KURIKULUM