me_banner

Visi :

Menciptakan sistem pendidikan profesional yang kuat dan berkesinambungan dengan menciptakan jejaring dengan institusi penunjang, seperti institusi pendidikan lain, industri, nasional ataupun internasional.

 

Misi  :

Menciptakan tenaga ahli profesional yang kompeten di bidang Marine Engineering yang diakui baik secara nasional maupun internasional.

 

Kompetensi Lulusan D3 Teknik Permesinan Kapal

  1. Kompetensi Utama

 

Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas, memilih metode yang sesuai dari beragam pilihan yang sudah maupun belum baku dengan menganalisis data, serta mampu menunjukkan kinerja dengan mutu dan kualitas yang terukur.

  1. Mampu bekerja dan bertanggung jawab secara mandiri untuk pekerjaan bidang permesinan kapal yang ditugaskan kepadanya, sesuai dengan standar mutu (standar klasifikasi, standar galangan dan standar lain) yang telah ditetapkan dan disepakati.
  2. Mampu mengoperasikan peralatan instrumen permesinan kapal yang terintegrasi sesuai dengan standar operasi dan prosedur yang telah ditentukan.
  3. Mampu merencanakan suatu pekerjaan berdasarkan atas alokasi waktu dan material yang telah ditentukan sesuai dengan standarisasi yang ditentukan

 

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

  1. Mampu menjelaskan dan mendemonstrasikan pengetahuan dasar bidang konstruksi dan permesinan kapal serta aplikasinya yang sesuai untuk suatu pekerjaan inspeksi, survey dan Operasional peralatan serta sistim yang berada di kapal tersebut.
  2. Mampu menjelaskan dan memperagakan konsep teori dasar yang berkenaan dengan kerja suatu peralatan dan sistem yang terdapat pada bidang permesinan kapal beserta analisa sederhana yang sesuai untuk suatu pekerjaan, proses, atau operasi sistem dan permesinan kapal.
  3. Mampu menganalisis dan merencanakan pendekatan solusi untuk suatu permasalahan teknis yang terjadi dan berhubungan dengan pekerjaan pada sistim dan permesinan kapal

 

Mampu mengelola beban kerja  pada tim kerja dan menyusun laporan hasil pekerjaan secara tertulis secara komprehensif.

  1. Mampu berinteraksi dan bekerja sama dalam tim, serta mampu mengembangkan diri sesuai perkembangan teknologi permesinan kapal terkini, berfikir secara logis dalam menyelesaikan permasalahan pada sistim dan permesinan kapal secara profesional
  2. Mampu menyusun laporan tertulis secara lengkap terkait dengan pelaksanaan pekerjaan yang berhubungan dengan sistim dan permesinan kapal sesuai dengan prosedur yang ditentukan.

 

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas kuantitas dan mutu hasil kerja kelompok.

  1. Mampu bertanggung jawab atas suatu pekerjaan di bidang sistim dan permesinan kapal sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan
  2. Mampu bertanggung jawab atas atas hasil pekerjaan kelompok/kelompok kerja yang berada dalam pengawasannya.

 

  1. Kompetensi Pendukung :

 

Kualifikasi Kompetensi Jabatan
Level I ·         Mampu mengoperasikan sistem permesinan dikapal.·        Mampu mengoperasikan mesin–mesin perkakas.·        Mampu membaca instalasi permesinan 2D dan 3D.·        Mampu mengidentifikasi dan mendaftar material sesuai dengan spesifikasi pipa yang ada.·        Mampu mengidentifikasi situasi yang memerlukan aplikasi sesuai standar yang berlaku. ASME, JIS, API, dsb.

·        Mampu menggambar dengan CAD.

Pipe Fitter, Pipe Fabrikator, Pipe Installer, Marine Operator, Drafter Tk 1.
Level II ·         sketsa dan mengidentifikasi gambar P&ID dan membuktikan kebenarannya.·         Mampu mengoperasikan mesin bubut.·         Mampu melaksanakan perbaikan pada mesin diesel.·         Mampu melakukan desain dan pemilihan propeller Drafter tk II, Pipe Fitter Tk II.
Level III ·         Memiliki kompetensi sebagaimana kualifikasi pada level I dan II.·         Mampu mendesain sistem permesinan dikapal.·         Mampu membuat denah / layour kamar mesin.·         Mampu membuat desain sistem HVAC  Marine Supervisor, Engineering Supervisor, Junior Marine Surveyor.

 KURIKULUM