Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2016 (KKCTBN 2016) atau (ROBOBOAT 2016), adalah kontes yang diselenggarakan untuk menguji kreativitas mahasiswa dalam mendesain badan kapal, menetapkan prinsip engine matching dan merancang sistem otomasinya. Lomba yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran danĀ  Kemahasiswaan pada penyelenggaraan ke-4 ini melaksanakan sistem seleksi yang ketat. Sistem penilaian kontes diberikan berdasarkan penguasaan medan atau lintasan yang dilalui oleh kapal. Kegiatan KKCTBN 2016 terbagi atas tiga katagori kontes : 1) Kapal Autonomous dengan sensor identifikasi warna, 2) Kapal cepat dengan sistem manual (Electric Remote Control), dan 3) Kapal cepat Fuel Engine (Engine Remote Control).

Tahun ini, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya menjadi tuan rumah KKCTBN 2016. Hampir 100 proposal masuk, dan melalui 2 kali seleksi, muncul 32 tim dari berbagai universitas di Indonesia. Para finalis ini unjuk kebolehan hasil inovasi kapalnya di Kolam SIER, Rungkut Industri.

img_5185

Setelah melaksanakan perlombaan dari tanggal 29 November – 01 Desember 2016, berikut nama-nama pemenang:

A. Kategori Autonomous Surface Vehicle (ASV)

Juara 1 Barunastra ITS
Juara 2 Aero Ships PPNS
Juara 3 Safinah One UGM

Best Design Aero Ships PPNS

B. Kategori Electric Remote Control (ERC)

Juara 1 Gamanavy UGM
Juara 2 Barunastra Arch4 ITS
Juara 3 Tytan Unisi UII

Best Design Barunastra Arch4 ITS

C. Kategori Fuel Engine Remote Control (FERC)

Juara 1 UART 1 ITN Malang
Juara 2 HYD Amphilive UNDIP
Juara 3 Cakalang 3 PPNS

Best Design Cakalang 3 PPNS

img_5551 img_5521 img_5518Selamat kepada seluruh pemenang dan terima kasih telah menjadi bagian dari inovator muda Indonesia!