Melihat Karakter Pemuda dalam Talkshow “Generation on Track“

generation on track1

Begitu banyak berita memprihatinkan mengenai pemuda jaman sekarang. Mulai dari  kekerasan seksual yang dilakukan remaja, aksi-aksi tidak pantas oleh beberapa anak muda yang kebetulan tersebar melalui sosmed, menunjukkan adanya degradasi moral. Hal ini tentu meresahkan banyak pihak.

Untuk membahas hal tersebut, PPNS menggandeng beberapa pihak untuk berdiskusi bersama. Karakter pemuda yang didiskusikan dari berbagai sisi: mulai dari bidang edukasi, entrepreneurship, komunitas, serta pemerintah. Narasumber dari kegiatan ini adalah AKBP Suparti SH MM selaku Kepala BNN Kota Surabaya, Dipl-Ing Henny Poerwanti, ST selaku Pengusaha bidang perkapalan, Bpk. Eko Julianto selaku direktur PPNS, dan Jamie Harris dari komunitas.

Acara yang berlangsung dari pagi hingga siang ini memberikan gambaran bahwa karakter pemuda yang diharapkan adalah yang taat pada Negara. Sila-sila pancasila sebenarnya sudah mencakup banyak nilai luhur dari agama, kemanusiaan. Pendidikan formal hanya menjadi satu bagian dari proses penanaman nilai-nilai tersebut. Keluarga dan lingkungan memegang peranan penting dalam proses pertumbuhan dari anak-anak hingga remaja. Tak hanya tentang pendidikan moral, yang tak kalah penting adalah kesehatan baik fisik dan mental para pemuda dan remaja. Narkoba tentu menjadi momok yang mengancam generasi muda. Narkoba berbahaya tidak hanya karena merugikan secara fisik, namun narkoba juga dapat menyebabkan seseorang melakukan tindakan di luar kesadaran.

GOT 2

Talkshow ini juga mengajak semua pihak untuk bekerjasama dan saling mendukung. Tentu, tak bisa hanya mengandalkan pemerintah, atau instansi pendidikan. Pemuda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa akan lahir dari lingkungan yang baik.