Pusat Pembinaan Karir

Politeknik perkapalan negeri Surabaya (PPNS) merupakan institusi pendidikan tinggi yang mempunyai berbagai jurusan dan program studi dalam beberapa tingkat pendidikan. Sebagai pendidikan tinggi vokasi membawa konsekuensi berupa upaya berkelanjutan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Untuk mencapai hal tersebut berbagai aktivitas telah dilaksanakan melalui program pendidikan akademik dan kegiatan pendukung lainnya seperti adanya Industrial Advisory Board yang memberikan berbagai masukan dan terlaksananya tentang kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja, terlaksananya on the job training (OJT) atau magang kerja selama satu semester di perusahaan ,sehingga mahasiswa juga memperoleh pengalaman langsung untuk berinteraksi interpersonal dalam bekerja dan memahami etos kerja. Disamping itu lulusan PPNS mendapat sertifikat kompetensi setelah melalui uji kompetensi sesuai dengan program studi yang ditempuhnya.

Untuk melengkapi keberhasilan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja dan menghubungkan lulusan PPNS dengan dunia kerja maka telah dibentuk Career Development Center atau pusat pengembangan karir PPNS (CDC PPNS).

CDC PPNS menghubungkan antara lulusan politeknik dengan dunia kerja, oleh karena itu diharapkan menjadi pusat informasi dan pelatihan pengembangan karir dalam mempersiapkan lulusan agar dapat diterima dan mampu bersaing di dunia kerja.

Kegiatan yang dilakukan CDC PPNS yaitu :

  • Layanan Bimbingan Karir,yaitu memberikan layanan kepada mahasiswa dalam konsultasi studi dankarir
  • Pelatihan dan kuliah tamu, yaitu pelatihan yang bertujuan untuk membekali soft skill calon lulusan seperti etika kerja, pemahaman menyusun aplikasi kerja dan perluasan wawasan dunia kerja serta kuliah tamu yang bertujuan memberikan wawasan dunia kerja kepada mahasiswa.
  • Informasi kerja, bertujuan memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia.
  • Rekrutmen kerja, memfasilitasi perusahaan melalui pendataan aplikasi kerja dan penyelenggaraan tes kerja
  • Tracer Study, kegiatan penelusuran lulusan untuk mengetahui berbagai hal kondisi alumni setelah bekerja,antara lain meliputi: posisi dan bidang pekerjaan dan kesesuaian bidang studi dengan bidang kerja dan masukan dari alumni dan pengguna untuk perbaikan mutu lulusan.

Pusat Pembinaan Karir dan Layanan Alumni
Website : http://pusatkarir.ppns.ac.id
http://alumni.ppns.ac.id