Sertifikat Kompetensi Makin Penting, PPNS Siapkan Puluhan Asesor

Beberapa tahun mendatang, banyak perusahaan tidak akan lagi bertanya tentang ijazah. Tren ini meningkat, bahkan perusahaan besar seperti Google, Ernst and Young sudah memulai tidak mensyaratkan ijazah dalam mencari karyawan. Lalu apa yang diprioritaskan? Diantaranya adalah kompetensi dan softskills. Kompetensi dapat dibuktikan salah satunya melalui sertifikat kompetensi.

Gambar 1. Pelatihan Asesor Kompetensi Dosen PPNS oleh BNSP

Gambar 2. Pelatihan dan Sertifikasi untuk Mahasiswa Teknik Perpipaan

Melihat hal tersebut, PPNS merasa perlu untuk meningkatkan daya saing para lulusannya dengan cara membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi. Salah satu keunggulan PPNS yang belum dimiliki politeknik atau perguruan tinggi lain adalah semua lulusan tak hanya mendapat ijazah melainkan juga akan dibekali sertifikat kompetensi. Bila sebelumnya beberapa lulusan program studi memiliki sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh PPNS (beberapa prodi menggunakan sertifikat dari BNSP dan Kemenaker), tahun ini diharapkan semua program studi dapat mengeluarkan sertifikat kompetensi dengan logo resmi BNSP.

Dalam mengupayakan hal tersebut, PPNS menggelar Pelatihan Asesor oleh BNSP pada hari Jumat (27/04). Pelatihan ini dibuka langsung oleh Ir. Drs. Asrizal Tatang dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Ir. Eko Julianto, M.Sc., MRINA selaku Direktur PPNS. Tak tanggung-tanggung, dosen yang diikutkan dalam pelatihan ini berjumlah 48 orang dari berbagai prodi. Jadi total dosen yang berstatus asesor nantinya berjumlah hampir 80 orang. Pelatihan ini dilaksanakan selama 5 hari di PPNS dan Hotel Mercure Surabaya. Hasil dari pelatihan ini adalah dosen-dosen PPNS siap menjadi asesor bersertifikasi BNSP. Ini merupakan bagian dari program Polytechnic Education Development Project (PEDP) yang didanai Kemristekdikti. Skema Kompetensi juga telah disusun oleh seluruh program studi dan telah divalidasi BNSP sebelum siap digunakan untuk lulusan tahun 2018.  

Tidak hanya mahasiswa PPNS yang bisa mengikuti pelatihan dan uji kompetensi di PPNS, melainkan juga masyarakat umum. Masyarakat umum dapat mengikuti pelatihan dan sertifikasi kompetensi dengan mengunjungi laman ppns.ac.id untuk melihat jenis pelatihan yang diinginkan. Ayo bekali diri dengan sertifikat kompetensi agar daya saing makin tinggi!