Workshop Industrial Advisory Board, Agar Lulusan PPNS Tetap Update dengan Industri

Lulusan perguruan tinggi kini dihadapkan pada tantangan akan perubahan teknologi yang sangat cepat. Dalam upayanya agar terus update dengan industri, PPNS menggelar acara tahunan Workshop Industrial Advisory Board (IAB) pada Sabtu, 17 Desember 2016 yang lalu. IAB dibentuk dan terus dikembangkan oleh PPNS agar kurikulum, dan lulusan yang dihasilkan dapat mengikuti perkembangan yang ada di industri. Pimpinan dari berbagai perusahaan hadir untuk memberi masukan bagi sistem pendidikan, dan capaian pembelajaran yang ada di PPNS.

Dua topik utama pada pertemuan kali ini adalah kurikulum atau capaian pembelajaran dan silabus dan pendirian Magister Sains Terapan. Setelah melaksanakan seminar, seluruh peserta dibagi menjadi 5 kelompok dan masing-masing mendapat topic pembahasan yang berbeda.

Salah satu masukan yang disampaikan datang dari Ibu Anita Puji dari PT. Adiluhung Sarana Segara. Beliau menyampaikan bahwa lulusan PPNS sudah cukup baik, memiliki skill yang cukup. Namun, ternyata beberapa teknologi yang diajarkan masih tergolong mendasar. “Mereka perlu mendapat pengetahuan tentang teknologi yang terkini di mesin kapal, khususnya yang terkait mesin-mesin yang sudah bersistem otomatisasi”, tambahnya.

Salah satu pekerjaan rumah yang perlu segera diselesaikan oleh PPNS  adalah kemampuan presentasi, dan Bahasa Inggris. Saat ini, dua kemampuan tersebut tidak kalah penting dengan skill yang bersifat teknik.

Workshop IAB ini diharapkan akan terus berkesinambungan dan terus saling memberikan manfaat bagi PPNS dan industri.

Save