D4 Teknik Otomasi

to_banner

VISI DAN MISI

Visi :

  • Menjadi Program Studi bereputasi global dalam melaksanakan dan mengembangkan teknologi otomasi kemaritiman dan penunjangnya serta berperan aktif mengimplementasikannya

Misi :

  • Melaksanakan program pendidikan vokasi dan penelitian terapan dibidang teknologi otomasi kemaritiman dan penunjangnya.
  • Berperan dalam kegiatan kemasyarakatan secara aktif dan proaktif, untuk mengembangkan teknologi otomasi kemaritiman dan penunjangnya.
  • Membangun masyarakat akademis berkualitas dibidang otomasi yang mampu berkompetisi secara global.
  • Membentuk jejaring kerja dengan sector industri kemaritiman serta berbagai institusi terkait untuk merealisasikan system pendidikan dibidang otomasi yang komprehensif.
  • Mengintegrasikan pengembangan kepribadian dalam proses pembelajaran dan atau kegiatan akstra kurikuler untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa serta kemuliaan akhlak.

 

 

KOMPETENSI UTAMA

  • Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
  1. Mampu merancang sistem otomasi proses manufaktur kemaritiman dan industri penunjangnya berbasis PLC (Programmable Logic Controller).
  2. Mampu membangun sistem otomasi berbasis DCS (Distribute Control System), SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) menggunakan software intellution dan antar muka (Human Machine Interface) terhadap instrumen kontrol sebagai pendukung sistem otomasi kemaritiman dan industri penunjangnya.
  3. Mampu membuat rekayasa sistem otomasi kemaritiman dan industri penunjangnya dengan menggunakan metode kontrol modern seperti FLC (Fuzzy Logic Controller) dan AI (Artificial Intelligence).
  4. Mampu memanfaatkan teknologi telemetri untuk pengendalian jarak jauh pada sistem otomasi kemaritiman dan industri penunjangnya dengan jangkauan area yang luas.
  5. Mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dan menyelesaikan masalah -masalah (trouble shooting) yang timbul dibidang otomasi kemaritiman dan industri penunjangnya.
  • Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan sistem otomasi secara umum dan konsep teoritis secara khusus dalam bidang pengetahuan sistem otomasi kemaritiman dan industri penunjangnya serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  1. Mampu memahami konsep dasar sistem kontrol open loop dan close loop sebagai dasar dari sistem otomasi.
  2. Mampu memahami karakteristik dan prinsip kerja instrumen – instrumen kontrol (sensor, tranduser, aktuator dan kontroler) sebagai bagian dari sistem otomasi dan mampu melakukan pengukuran dengan metode yang benar.
  3. Mampu membaca dan mengidentifikasi gambar instalasi sistem otomasi.
  • Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi sistem otomasi kemaritiman dan industri penunjangnya.
  1. Mampu melakukan pemodelan terhadap sistem kontrol untuk menentukan karakteristik dan performansi sistem.
  2. Mampu melakukan analisa performansi aksi kontrol berdasarkan pembacaan data analog dan digital secara benar dengan menggunakan software Matlab untuk menentukan pemilihan mode dan parameter kontrol yang tepat.
  • Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
  1. Mampu bekerja dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan secara mandiri maupun Tim.

 

SERTIFIKASI

Intermediate PLC Engineer

 

INDUSTRI PEMAKAI

Seluruh industri yang menerapkan sistem otomatisasi pada proses produksi baik dilingkup Industri maritim maupun Industri Penunjangnya.

 

  • Program Studi D-IV Teknik Kelistrikan Kapal

Visi dan Misi:

  • Program Studi D4 Teknik Kelistrikan Kapal mencetak tenaga terampil yang mampu bertindak dan berperan sebagai “Marine Superintendant” dan “Marine Electro-technical Engineer” di kapal maupun bangunan apung lainnya.
  • Menekankan pada pelatihan praktis dengan komposisi kurikulum yang seimbang antara teori dan praktek yang memungkinkan siswa memiliki kemampuan yang baik dalam merancang, merawat dan memperbaiki sistem kelistrikan, elektronik, navigasi, komunikasi dan sistem kontrol di kapal dan bangunan apung lainnya dengan mengikuti perkembangan teknologi terkini untuk mampu bersaing di era global

 

KOMPETENSI UTAMA:

  1. Memiliki kemampuan untuk memilih dan menerapkan teknik-teknik matematis dan ilmiah yang sesuai untuk memecahkan masalah kelistrikan, elektronik dan kontrol di kapal dan bangunan apung lainnya melalui pengujian dan menyimpulkan hasil.
  2. Mampu membuat detil rancangan sistem kelistrikan di kapal dan bangunan apung lainnya meliputi sistem pembangkitan, instalasi, distribusi, proteksi, peralatan navigasi dan komunikasi sesuai dengan persyaratan yang berlaku.
  3. Mampu menghitung kebutuhan beban listrik dan kapasitas daya yang dibutuhkan untuk efisiensi energi di kapal maupun bangunan apung lainnya.
  4. Mampu merancang sistem kontrol dan monitoring di kapal dan bangunan apung lainnya menggunakan peralatan kontrol modern (PLC, SCADA).
  5. Mampu mengidentifikasi dan menganalisa permasalahan kelistrikan di kapal dan bangunan apung lainnya berdasarkan data hasil pengukuran dalam suatu pekerjaan.
  6. Mampu menggunakan peralatan teknik berbasis komputer.
  7. Mampu melaksanakan riset terapan dibidang kelistrikan kapal dan bangunan apung lainnya sesuai dengan persyaratan yang berlaku

 

PENGETAHUAN YANG DIKUASAI

  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dibidang ilmu teknik, perhitungan listrik, elektronik dan sistem kontrol.
  2. Memiliki pengetahuan tentang prinsip-prinsip perancangan dan metodologi listrik, elektronik dan sistem control.
  3. Memiliki pengetahuan praktis tentang code, hazard, praktek kerja secara baik dan benar dan pengoperasian secara aman dan pemeliharaan yang terkait dengan industri maritim.
  4. Memiliki pengetahuan umum tentang industri perkapalan

KURIKULUM