PERKUAT JATI DIRI SEBAGAI PERGURUAN TINGGI VOKASI BIDANG PERKAPALAN DAN PENUNJANGNYA, PPNS MENGADAKAN FGD DIFERENSIASI MISI DAN PETA JALAN

Rabu, 3 Juli 2024

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Diferensiasi Misi & Peta Jalan dan Workshop penyusunan dokumen peta jalan pada hari Senin 1 Juli sampai 2 Juli 2024.

FGD dibuka oleh Direktur PPNS Rachmad Tri Soelistijono, S.T., M.T dan dihadiri oleh Direksi PPNS, Ketua Jurusan, Koordinator Program Studi, Tim Pelaksana Fasilitasi PTV PPNS, Dinas Pendidikan Jawa Timur, dan Perwakilan dari Industri Perkapalan. Acara ini menghadirkan narasumber dari APTV Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi R. Desutama Rachmat Bugi Prayogo, MT. Kegiatan FGD ini bertujuan untuk Perumusan diferensiasi misi dan peta jalan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS).

Acara diawali dengan penjelasan narasumber terkait Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 dan Urgensi penyusunan diferensiasi misi sebagai dasar penyusunan peta jalan PPNS. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan diferensiasi misi PPNS oleh Wakil Direktur Akademik PPNS Aang Wahidin ST., MT.

Dalam FGD ini mendapatkan banyak masukan positif dari Industri perkapalan, salah satunya dari ketua umum IPERINDO (Ikatan Perusahaan Industri Kapal Dan Lepas Pantai Indonesia) Ir. Anita Puji Utami, ST. Anita menyampaikan bahwa PPNS harus menjaga kekhasan sebagai Perguruan tinggi vokasi bidang perkapalan, Anita juga menyampaikan bahwa Selama air laut tidak surut selama itu pula lulusan PPNS bisa kerkarya. Kemudian Hamidah,ST yang merupakan pimpinan PT Duta Samudra Shipyard menyampaikan bahwa alumni PPNS telah banyak bekerja di Perusahaan galangan kapal, sehingga kompetensi terkait ilmu perkapalan saat kuliah harus terus diperkuat.

Hari kedua Selasa, 2 Juli 2024 dilanjutkan dengan workshop penyusunan dokumen peta jalan PPNS dengan narasumber yang sama R. Desutama Rachmat Bugi Prayogo, MT. Tujuan dari keagiatan ini adalah menambah pemahaman terkait tujuan & pentingnya peta jalan perguruan tinggi dan merancang peta jalan yang tepat. Narasumber memberikan banyak penjelasan bagaimana tahapan dan merumuskan peta jalan PPNS yang terukur. Dokumen peta jalan menjadi landasan bagi pengembangan PPNS di berbagai aspek, mulai dari kurikulum, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengelolaan institusi secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *