Agar Tak Bingung Soal Tagihan Listrik, PPNS Ciptakan Meteran Listrik Unik

Tagihan listrik membengk1ak? Bingung kenapa bisa membengkak? Hal itu yang mengilhami Dosen Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Dr. Mat Syai’in, ST., MT untuk menciptakan meteran listrik dimana pengguna listrik dapat melihat history penggunaan listrik.

Dr. Mat Syai’in mampu membuktikan bahwa inovasi dari politeknik tidak kalah dengan kampus lain, terbukti riset dan karya cipta dalam bentuk meteran listrik menggunakan simcard ini mampu menang dan mendapatkan dana hibah dari pemerintah melalui kementrian Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Kemendikristek) dengan alokasi dana mencapai 150 juta rupiah. Pada tahun 2013 beliau membuat proposal dan pada tahun 2014 beliau mengajukan ide ini kepada program INSENTIF RISET SINAS 2014. Perlu diketahui pula bahwa INSENTIF RISET SINAS adalah program tahunan yang diadakan oleh Kementrian Riset dan Teknologi dan sekarang berubah menjadi Kementrian Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Cara kerja meteran listrik menggunakan simcard yang di gagas oleh beliau ini adalah dimana keunggulan produk tersebut terletak pada tambahan simcard. Simcard disini berfungsi sebagai penyimpan history atau rekam jejak dari penggunaan listrik sehingga kita selaku pengguna listrik tersebut dapat melihat langsung data pemakaian listrik berupa tanggal dan jam semua instalasi listrik sampai volume pemakaian melalui simcard tersebut yang dapat dibaca ketika simcard dimasukkan kedalam notebook atau perangkat sejenis. Sehingga akan diketahui peralatan mana yang menggunakan listrik terbanyak dan pengguna bisa melakukan pengelolaan sendiri agar beban listrik terkontrol. Setelah mendapatkan dana, beliau berharap dalam waktu dekat ide inovatif ini sudah mampu diaplikasikan di lingkungan rumah tangga, perhotelan sampai industri.

CP : Dr. Mat Syai’in 0811336580