PPNS Gelar Upacara Dies Natalis ke-34 dengan tema “Melejit Bersama Vokasi”

Surabaya, 20 September 2021 – Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) menggelar Upacara Dies Natalis ke-34 tahun pada Jumat (17/09/2021) secara virtual. Prosesi Dies Natalis terdiri dari Direktur, Wakil Direktur, Ketua Jurusan, Koordinator Program Studi, Anggota Senat Wakil Jurusan, Ketua P3M, dipandu Duta Tama: Bapak Mahasin Maulana Ahmad, ST., MT. dan Staff Pengajar Program Studi Teknik Perpipaan.



Dies Natalis PPNS ke-34 memperoleh ucapan dari Walikota Surabaya Bapak Eri Cahyadi, ST., MT. Beliau menyampaikan pesan dan harapan bagi PPNS di bidang maritim. Lalu, ucapan juga datang dari CMO PT. PAL Indonesia Bapak dan PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia Ibu. Serta pesan dan doa dari para alumni PPNS di berbagai industri.

Tema Dies Natalis PPNS tahun ini adalah “Melejit Bersama Vokasi”. Makna tersebut selaras dengan visi dan misi PPNS sebagai satu-satunya Politeknik yang fokus pada industri perkapalan dan penunjangnya. Salah satu bentuk kegiatan Dies Natalis adalah Upacara yang diselenggarakan di Graha Dewaruci, Gedung Direktorat. Acara dibuka dengan sambutan oleh Direktur PPNS Ir. Eko Julianto tentang “Nahkoda Pendidikan Perkapalan di Indonesia ”. Pada sambutan tersebut, beliau membahas mengenai visi misi PPNS berdasarkan para direktur yang telah purna tugas dan perkembangan PPNS hingga kini.

Acara selanjutnya yaitu pemberian penghargaan kepada mantan Direktur PPNS dan perwakilannya. Direktur PPNS I periode 1987-1995, Prof. Ir. Soegiono  turut hadir dalam acara Dies Natalis. Beliau adalah salah satu pencetus PPNS untuk fokus di industri perkapalan.


Lalu,  acara dilanjut dengan orasi ilmiah yang dibawakan oleh Bapak Laksamana Madya TNI (Purn.) Dr. Widodo, M.Sc mengenai Pengembangan Dunia Pertahanan Kemaritiman di Indonesia. Dalam orasi ilmiah, Bapak Widodo menjelaskan tentang Pengembangan Dunia Pertahanan Kemaritiman di Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa prodi-prodi yang ada di PPNS sesuai dengan program pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. 

Acara juga dimeriahkan oleh PSM (Paduan Suara Mahasiswa) PPNS yang berjudul “Manuk Dadali”. Orasi ilmiah kedua dibawakan oleh Dr. Yugo Praharsi tentang Peran Manajemen Bisnis dalam Industri Maritim di Indonesia. Ibu Yugo menjelaskan industri maritim meliputi 4 bagian, antara lain:
1. Galangan Kapal.

2. Pelayaran.

3. Jasa Logistik.

4. Pelabuhan.

Beliau juga menyampaikan alur proses pembuatan kapal, tabel jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, tabel jumlah jam kerja menyesuaikan jenis kapal, dll. Acara Dies Natalis PPNS ke-34 ditutup dengan pengumuman pemenang lomba foto tempoe doeloe yang berlangsung pada 8-13 September 2021. Lomba pantun dan doorprize bagi Civitas Akademika (Dosen, Tendik dan Mahasiswa) PPNS ketika upacara Dies Natalis berlangsung. Persyaratan lomba telah dibagikan melalui sosial media PPNS yaitu Instagram dan Facebook. Para peserta berkesempatan untuk memenangkan smartphone dan uang tunai senilai ratusan ribu rupiah.

Ulang tahun PPNS yang ke-34 ini tentunya diisi dengan berbagai kado spesial dari para mahasiswa, tendik dan dosen. Berbagai pencapaian serta inovasi yang tercipta di bidang kemaritiman turut mendukung visi dan misi PPNS. Beberapa penghargaan yang diraih PPNS di 2021, antara lain:

  • Juara Umum National Welding Competition 2021
  • Juara ke-2 National CAD-CAM 2021
  • Juara ke-2 Mawapres Tingkat Nasional 2021
  • Peringkat 5 Besar pada NPEO 2021
  • Silver Medal pada Lomba 6th Fespa UBAYA 2021